Menu

Mode Gelap

News · 26 Jun 2023 05:15 WIB ·

O2SN di Harapkan Lahir Kan Bibit Unggul Bangsa


 O2SN di Harapkan Lahir Kan Bibit Unggul Bangsa Perbesar

Sintang | Pojokkalbar.com
Bupati Sintang Jarot Winarno diwakili oleh staf ahli Setda Sintang Bidang Kemasyarakatan Ulidal Muchtar membuka secara resmi Ajang Talenta Jenjang Sekolah Dasar kabupaten Sintang tahun 2023 O2SN, O2SN, FLS2N, dan GSI kegiatan tersebut digelar pada Senin, (26/6/2023) dihalaman MTsN 1 Sintang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang Yustinus

Giat yang digelar selama dua hari 26-27 Juni 2023 tersebut bakal dilaksanakan beberapa titik di Sintang. Dan diikuti oleh 180 Siswa Siswi SD/MI dari 9 Kecamatan yang terseleksi ke Tingkat Kabupaten Sintang dan 180 Siswa Siswi Se Kabupaten Sintang. Dengan Ajang Lomba yang di lombakan untuk O2SN Jenjang SD/MI.

Kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus,mengatakan
Menandai berakhirnya Masa Pandemi, Pada Tahun Ini Dengan Semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, bertekad untuk kembali mempertemukan bibit-bibit unggul bangsa secara Onsite agar mereka dapat merayakan capaian prestasi, persahabatan dan cinta tanah air dengan lebih nyata.

“Kita meyakini Ajang Talenta Peserta Didik pada tahun ini akan menjadi perhelatan yang akan menyuburkan tumbuhnya kecakapan Generasi Unggul Nan Tangguh, Pelajar Pancasila Yang Akan Menjadi Inspirasi masa depan bangsa yang cemerlang. ” Kata Yustinus.

Peserta O2SN

Ajang Talenta Peserta Didik lanjut dia dikelompokkan ke dalam 3 rumpun sesuai dengan rancangan desain besar Manajemen Talenta Nasional (MTN), yaitu meliputi sains, riset, dan inovasi, seni, budaya, dan bahasa,olahraga setiap rumpun terdiri dari beberapa bidang, dan setiap bidang terdiri dari beberapa cabang lomba yang secara bertahap terus ditata dan dikembangkan sedemikian rupa sesuai dengan Prinsip Keberlanjutan, Keberjenjangan, dan Kebertahapan. penyelenggaraan Ajang Talenta Peserta Didik pada Tingkat Pendidikan Dasar Kabupaten Sintang akan dilaksanakan secara luring (offline), kecuali ajang talenta FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) AKFAPDBK dan cabang lomba musik
tradisional/musik tradisi daerah (FLS2N SD dan SMP) telah dilaksanakan
secara daring (online).

Dalam Pelaksanaan Ajang Talenta Peserta Didik tahun 2023 di ikuti 180 peserta ini dengan Cabang Olah Raga Jumlah Peserta
Atletik18 ( Putra dan Putri ), Bulu tangkis
18 ( Putra dan Putri ), Renang 18 ( Putra dan Putri ), Pencak Silat
18 ( Putra dan Putri ),
Karate 18 ( Putra dan Putri ), Sepak Bola Mini
90 Siswa.

“Untuk jenjang SMP/MTS Ajang Talenta OSN, O2SN, dan FLS2N di ikuti dari 7 Kecamatan yang terseleksi untuk Ajang OSN ke Tingkat Kabupaten Sintang sebanyak 382 peserta didik yang terdiri IPA 131 peserta, Matematika 125 peserta dan IPS 126 peserta. Ajang O2SN Jenjang SMP/MTS untuk Ajang O2SN ke TK kabupaten Sintang sebanyak 126 peserta didik dari 7 Kecamatan, “beber Yustinus.

Kabupaten Sintang yang berpotensi ingin maju, agar terus mengali dan mengembangkan bakat dan minat Peserta Didik Baik Akademik Maupun Non Akademik. untuk memenangkan persaingan di era globalisasi ini, memiliki setidaknya satu kesamaan yaitu  fokus pada pendidikan dengan senantiasa meningkatkan kualitas serta aksesibilitas pendidikannya.

Sementara Staf Ahli Bupati Sintang Ulidal Muchtar mengatakan bahwa pihaknya pemerintah daerah memberikan apresiasi yang luar biasa atas kegiatan yang digelar tersebut , mengingat beberapa tahun terakhir ini giat O2sN dan FLS2N tidak bisa dilaksanakan karena kondisi covid -19 yang menghantui kita, kegiatan yang digelar kali ini yang pertama kali sejak pandemi berakhir.

Menurutnya pendidikan tidak hanya menjadikan manusia cerdas tetapi juga menjadikan manusia tangguh, segar bugar olahraga sistem nasional ini merupakan sistematis untuk melepaskan pondasi ini di gelanggang olahraga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi para siswa siswi pendidikan dasar, menanamkan dan membina kreasi seni dan sastra khususnya bagi tradisi nilai-nilai pada budaya bangsa dengan berolahraga akan muncul atlit-atlit tangguh, dengan festival seni akan tumbuh dan berkembangnya kreativitas seni sejak dini , yang merupakan bagian dari pendidikan karakter yang dapat mewakili sintang ke tingkat provinsi dan nasional.

“Kegiatan O2sN dan FLS2N merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga, sedangkan seni yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan, disamping itu olahraga siswa nasional ini kabupaten Sintang merupakan tindak lanjut dari pembinaan yang dilaksanakan ditingkat sekolah dan tingkat kecamatan atlit terbaik tampil melalui perlombaan dan pertandingan tingkat SD, MI dan MTsN, Festival Seni merupakan pengembangan ekspresi seni sesuai up norma dan budi pekerti dan karakter peserta didik melalui kegiatan O2SN dan O2FLSN mari kita ciptakan generasi emas berkarya dan berprestasi, Selamat bertanding junjung tinggi sportifitas, ” Pungkasnya. (red)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pacu Inovasi Daerah, Bupati Sintang Launching Sentra Inovasi Daerah Kabupaten Sintang

4 Juli 2024 - 06:56 WIB

Bappeda Libatkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unka, Inventarisasi Jenis dan Potensi Buah-buahan Lokal yang Dapat dikonsumsi di Kabupaten Sintang

4 Juli 2024 - 06:49 WIB

KPU Sintang Ambil Alih Rapat Pleno Rekap hasil PSU Pasca Putusan MK, tingkat Kecamatan

2 Juli 2024 - 06:34 WIB

Sandan: PSU Pasca Putusan MK diharapkan Awal dari Pesta Demokrasi yang sehat

2 Juli 2024 - 03:52 WIB

Operasi Katarak Gratis Bukti Hadirnya Negara di Tengah Masyarakat

1 Juli 2024 - 12:53 WIB

Danamon Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 100 Pasien Kurang Mampu di Sintang

1 Juli 2024 - 08:02 WIB

Trending di Sintang